Choose the categories.!

Friday 14 March 2014

Tugas Ilmu Peraturan Perundang-undangan

1. Sebutkan UU yang pernah dan sedang berlaku tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan itu di Indonesia!
    UU No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang kemudian diganti dengan UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

2.      Apa yang dimaksud Peraturan Perundang-undangan itu?
    Peraturan Perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang memuat norma hukum yang mengikat secara umum dan dibentuk atau ditetapkan oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang melalui prosedur yang ditetapkan dalam Peraturan Perundang-undangan (berdasarkan UU No. 12 Tahun 2011).

3.      Apa bedanya / hubungan peraturan perundang-undangan dengan Perundang-undangan?
Perundang-undangan untuk menggambarkan proses dan teknik penyusunan atau pembuatan keseluruhan Peraturan Negara, sedangkan istilah peraturan perundang-undangan untuk menggambarkan keseluruhan jenis-jenis atau macam Peraturan Negara. Dalam arti lain Peraturan Perundang-undangan merupakan istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan berbagai jenis (bentuk) peraturan (produk hukum tertulis) yang mempunyai kekuatan mengikat secara umum yang dibuat oleh Pejabat atau Lembaga yang berwenang.

4.     Di dalam UU yang berlaku saat ini tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan itu. Sebutkan tata urutan/ hirarki dari UU yang berlaku saat ini!
Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2011 Pasal 7 ayat (1), tata urutan/ hirarki Peraturan Perundang-undangan adalah sebagai berikut :
  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  2. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Lndonesia;
  3.  Undang-Undang/ Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang;
  4.  Peraturan Pemerintah;
  5. Peraturan Presiden;
  6. Peraturan Daerah Provinsi;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.








No comments:

Post a Comment

Search